RSS

Tentang Kundalini

04 Jun

Kata Kundalini berasal dari bahasa Sansekerta ( kundal= tergulung). Kundalini adalah energi , ada juga yang menyebutnya dewi ular karena bentuknya seperti ular.

Energi spiritual kundalini biasanya tersimpan dalam keadaan “tidur” di dasar tulang belakang yang berbentuk segitiga yang disebut “sacred bone” atau “tulang sakrum/sakral” (sakral=bersifat Ilahi). Sejak peradaban kuno, telah dikenal bahwa ada energi yang “sakral” (bersifat Ilahi) yang tersimpan di tulang sakrum atau sacred bone ini.

Tulang sakrum (gambar diambil dari A.D.A.M., Inc.)
Tulang sakrum (gambar diambil dari A.D.A.M., Inc.)

Di sahaja yoga dan di beberapa tradisi kuno, kita mengenal kundalini di dalam tulang sakrum membentuk 3 1/2 (tiga setengah) gulungan.

Kundalini
Simbol Kundalini

Menurut Yan Nurindra  Kundalini adalah suatu sistem untuk mencapai spiritualitas atau menyatu dengan semesta, yang diciptakan oleh komunitas esoterik India di masa silam. Kundalini adalah suatu sistem holistik yang disusun sedemikian cerdas, dan mengakomodasikan keinginan-keinginan dasar manusia.

Sebagai suatu sistem holistik maka Kundalini dimaksudkan untuk melintasi berbagai matriks dalam dimensi kehidupan, mulai duniawi, pra spiritual, sampai dengan spiritual. Semua ini dilambangkan dengan proses kenaikan Chakra dari mulai Chakra terendah sampai dengan Chakra yang tertinggi.

Gambar kundalini

Di dalam sahaja yoga, dalam proses “pencerahan-diri” atau “self-realization”,kundalini yang pada awalnya dalam keadaan “tidur” di tulang sakrum, akan dibangkitkan dan dinaikkan sampai menembus cakra sahasrara yang terletak di atas kepala kita. Setelah kundalini dibangkitkan, kita akan bisa merasakan “angin sejuk” dari telapak tangan, di atas kepala, dan/atau telapak kaki.

Di berbagai tradisi, kundalini telah dikenal sebagai energi yang bisa membawa kita ke tingkat spiritualitas yang lebih tinggi dan “angin sejuk” yang terasa setelah proses pencerahan-diri juga dikenal sebagai tanda bahwa kita terhubung dalam arti yang sesungguhnya dengan kekuatan Ilahi.
Kundalini adalah suatu kekuatan spiritual yang amat dahsyat dan berada dalam diri manusia. Letak kundalini adalah sekitar 2 cm di bawah chakra dasar, dalam rongga kecil berdiameter 2 mm.Kundalini terbentuk pada saat terjadinya pembuahan dan merupakan inti kekuatan spiritual. Kebangkitan kundalini melipat gandakan kekuatan, intuisi dan kreatifitas manusia. Jalur yang dilalui oleh kundalini adalah dekat tulang punggung, dari bawah ke atas melalui ke tujuh chakra utama. Jalur ini disebut jalursushumna.

Melingkari jalur Sushumna dalam 2 arah yang berlawanan adalah jalur tenaga lain yang disebut Nadi di India, dan Tsa di Tibet.Kedua jalur ini menyeimbangkan kondisi tubuh. Jalur yang berawal dari sebelah kiri kundalini menghantarkan energi feminim (dingin) disebut sebagai Ida, sedangkan jalur yang berawal dari sebelah kanan dan menghantarkan energi maskulin (panas) disebut Pinggala.

Namun perlu diwaspadai bahwa kebangkitan kundalini harus diiringi dengan kematangan sikap dan pengendalian diri karena kundalini juga meningkatkan dorongan buruk sebagaimana halnya dorongan baik. Masalah yang sering timbul saat kundalini bangkit tidak terkendalikan adalah keangkuhan, egois, tamak, serakah dan halusinasi serta dorongan sifat negative dalam diri manusia.

Reiki dan Kundalini.
Sekalipun Kundalini merupakan tenaga yang amat dahsyat namun untuk menjadi seorang penyembuh Reiki tidak perlu menungu kebangkitan Kundalini. Biarkan Kundalini naik sejalan dengan kesiapan dan kemampuan kontrol diri kita, baik secara fisik maupun spiritual. Energi Reiki yang masuk melalui chakra mahkota dan mengalir menuju chakra dasar akan merangsang kundalini untuk bangkit secara perlahan, teratur dan terkendali. Dengan demikian akan mengurangi resiko yang dihadapi praktisi reiki. Istilah kebangkitan kundalini yang membawa pengaruh buruk disebut Kundalini Syndrom.
Reiki dapat berjalan sendiri tanpa kebangkitan kundalini namun kebangkitan kundalini yang tidak didahului inisiasi dapat berakibat buruk. Sekarang pikirkanlah matang-matang sebelum berencana membangkitkan kundalini diri Anda sendiri.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 04/06/2012 in Uncategorized

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: