RSS

Mandi Kembang

02 Jul

“…. Mandi kembang tengah malam jangan kau lakukan kalau hanya mengharap maaf dariku “

saya ingin ketawa kalau mendengar lagu ini, lagu yang dinyanyikan caca handika begitu akrabnya di telinga karena mudah sekali untuk di ingat. Yup.. lagu tempo dulu, yang sering diputar di stasiun radio di awal 90-an. Saya ketawa bukan karena senang mendengar lagunya caca handika itu tapi lebih kearah lucu dan ndeso banget itulah yang ada di pikiran saya.

Bagi sebagian masyarakat menganggap bahwa mandi kembang itu identik dengan hal-hal mistik yang biasanya digunakan untuk ritual-ritual tertentu. Seperti untuk ngelmu ( belajar ilmu kanuragan dsb), mempercepat jodoh, prosesi pernikahan dll.   Anggapan ini tidak sepenuhnya salah dan tidak mesti benar karena mandi kembang memiliki banyak mamfaatnya seperti untuk kesehatan, mengharumkan badan dan pengobatan.

Pertama kali berkenalan dengan mandi kembang pada saat usia remaja ketika saat awal-awal untuk berguru belajar maen  silat tradisional.  Bagi saya belajar silat itu sama seperti belajar mengaji di surau bukan untuk menjadi jagoan tapi merupakan bagian dari proses pematangan menuju kedewasaan. Sebelum mulai belajar jurus dilakukan prosesi mandi kembang, waktu itu kembang harus diambil dari hutan sebanyak 7 rupa ( ada juga guru yang menetapkan 9 rupa ) jika kembang itu tumbuh di lahan orang maka harus minta izin terlebih dahulu kepada pemiliknya, kembang yang diambil harus di petik dari tangkainya secara langsung. Belakangan saya baru memahami kenapa bunga yang diambil harus di petik langsung dari tangkainya hal ini dikarenakan bunga yang masih segar itu memiliki energy aura yang kuat, para ahli kebatinan mempercayai bahwa tiap-tiap bunga dijaga oleh sebangsa rijalul ghaib dan bunga-bunga itu menjelang matahari terbit selalu bertasbih dan memuji kepadaNya sebagai bentuk syukur karena ada masa satu hari lagi.

Mandi kembang juga dilakukan oleh mereka yang terlambat  jodoh, ada seorang kerabat yang mempunyai anak perempuan hingga usianya menjelang 30 tahun namun masih hidup sendiri belum bertemu dengan jodohnya dari segi paras wajah maupun status sosial keluarganya dari keluarga baik-baik, terpandang dan sang anak memiliki wajah lumayan cantik, sang ibu memikirkan anak kesayangannya tersebut  sehingga mengajak sang anak untuk mandi kembang, tidak lama setelah prosesi tersebut ketemulah sang anak dengan jodohnya yang ternyata teman sekolahnya dulu yang datang dari jauh, itulah rahasinya jodoh.

Pada hakikatnya air dan kembang merupakan dua elemen yang mampu dijadikan sarana rileksasi. Dalam falsafah pengobatan tradisional Cina, air adalah elemen yang sangat kuat dalam praktik penyembuhan energy. Dalam penelitian DR. Masaru Emoto membuktikan bahwa air bisa merespon kata-kata, suara bahkan menyehatkan seseorang dan menyejahterakan bumi, sungguh menakjubkan bahwa air itu ternyata “hidup” dan dapat merespon apa yang disampaikan manusia kepadanya.

Ketika bunga yang memiliki energy di satukan kedalam air yang telah diberi sugesti postif dengan doa dan mantra maka energy itu akan menyatu dalam air dan energy itu lebih mudah diserap oleh tubuh manusia yang elemennya terdiri dari 75 % air (Otak 90 %, Paru-paru 85 %, Jantung 75 %, Hati 86 %, Ginjal 83 %, Otot 75 %, Darah 90 % ). Selain memberikan kesegaran, mandi kembang juga bermamfaat menurunkan stress dan menstabilkan medan energy.


Kiat mandi kembang Untuk mendapatkan manfaat kesegaran air dan wanginya bunga, ada beberapa hal yang perlu diketahui, terutama menyangkut pemilihan bunga dan cara membuat rendaman.

Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan:
1. Tak perlu terpaku pada aturan tradisional bahwa mandi bunga harus dilakukan tepat tengah malam. Jika ingin rileksasi, misalnya mengendurkan ketegangan pikiran atau stres, mandi bunga bisa dilakukan kapan saja.

2. Untuk keperluan terapi, bukan waktu mandi yang terpenting –meski secara spiritual ini sangat baik– tetapi seberapa besar energi bunga yang ada dalam air mandi. Tidak cukup jika bunga hanya direndam semalam. Bunga dalam air harus mendapat sinar matahari langsung selama beberapa jam sampai bunga layu. Sinar matahari mampu melepaskan energi bunga ke dalam air.

3. Pilih bunga yang telah mekar sempurna. Bunga lokal yang lazim dipakai untuk sesaji, seperti mawar, melati, kenangan, cempaka, umumnya memiliki energi positif. Boleh ditambah bunga yang berdasarkan penelitian diketahui memiliki energi positif yang besar, seperti anggrek ungu, mawar putih, lili, krisan, lotus. Masukkan bunga-bunga itu ke dalam ember atau bak rendam (bath tub) berisi air.

4. Jangan lupa, jemur di bawah sinar matahari hingga bunga-bunga layu (3-4 jam), yang
menandakan energinya telah larut sempurna ke dalam air. Lokasi terbaik bak rendam adalah langsung tertimpa sinar matahari. Jika tidak, taruh bebungaan dalam wadah (sebaiknya dari kristal) berisi air, lalu jemur. Menjelang mandi, campurkan air bunga dengan air dalam bak rendam.

5. Agar lebih  maksimal, manfaatkan air bunga untuk mandi baik ketika masih hangat (tak lama
setelah terkena sinar matahari) maupun setelah dingin.

6. Menyiapkan air bunga sebaiknya dilakukan  sendiri. Campur tangan orang lain, terutama jika orang lain ikut menyentuh air  bunga, dikhawatirkan dapat mengurangi energi bunga akibat perpindahan energi.

7. Kini Anda dapat  membasuh diri dengan air bunga. Nikmati kesegarannya, serap energinya. Saat
mandi, Anda boleh menyugesti diri untuk mendapatkan gairah yang lebih kuat dan  positif. ( take from : Buku Pintar Merawat Kecantikan di rumah, kumpulan tips praktis smurah merawat kecantikan dari ujung rambut hingga ujung kaki karya Windya Novita ( Gramedia-2009)

Selama menyiapkan air bunga, sebaiknya lakukan sendiri tanpa bantuan orang lain, apalagi jika orang lain ikut menyentuhnya. Campur tangan orang lain, terutama jika orang lain ikut menyentuh air bunga. Maka bisa  mengurangi energy bunga sehingga akan terjadi perpindahan energy. Dengan mandi bunga kepenatan dapat sirna dan tubuh akan lebih harum. Tertarik mencobanya ?

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 02/07/2012 in Umum

 

Tag:

2 responses to “Mandi Kembang

  1. denny

    17/09/2015 at 4:36 pm

    Saya mau bertanya bunga2x apa aja yang dipakai utk mandi kembang ya ? saya ingin coba apakah bneran terbukti bisa mendapat jodoh, terima kasih balasannya.

     
    • apikeabadian

      14/10/2015 at 12:48 pm

      bunga apa saja asalkan bermacam-macam. diutamakan bunga yang masih segar

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: